Download - Obesse Analisis Jurnal Keperawatan




ANALISIS JURNAL KEPERAWATAN

A. Alasan Pengambilan Judul

Penulis mengangkat judul mengenai “Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jati Belanda  (Guazuma Ulmifolia Lamk.) Terhadap Penurunan Berat Badan Pada Penderita Obesitas”. Obesitas merupakan masalah kesehatan yang harus ditanggapi dengan serius karena dapat memicu terjadinya berbagai penyakit. Obesitas meningkatkan risiko seseorang untuk mendapatkan sindroma metabolik, diabetes melitus tipe 2, hipertensi, penyakit jantung koroner, osteoartritis, stroke, depresi, dan kausa mortalitas lainnya. Penanganan obesitas dapat dilakukan dengan pengaturan asupan makanan dan olahraga, selain itu obat-obatan juga dapat membantu penurunan berat badan termasuk penggunaan tanaman obat seperti daun jati belanda. Masyarakat Indonesia memiliki alternatif dalam pengobatan obesitas yaitu dengan konsumsi tumbuhan herbal yang hampir tidak memiliki efek samping sehingga lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan penggunaan obat-obatan modern. Berdasarkan pengetahuan turun-temurun ekstrak daun jati belanda (Guazuma ulmifolia Lamk.) dipercaya sebagai obat pelangsing. Sehingga berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui pengaruh pemberian ekstrak daun jati belanda terhadap penurunan berat badan pada penderita obesitas.

Obesse Analisis Jurnal Keperawatan


B. Judul

Penulis mengangkat judul mengenai “Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Jati Belanda  (Guazuma Ulmifolia Lamk.) Terhadap Penurunan Berat Badan Pada Penderita Obesitas”. Jumlah kata dalam judul menurut kami cukup banyak yaitu terdiri atas 16 kata, dan melebihi batas maksimal jumlah kata dalam judul. Menurut tata cara penulisan artikel penelitian dikti maksimal judul terdiri atas 15 kata. Judul telah menggambarkan masalah yaitu membuktikan pengaruh  pemberian ekstrak daun jati belanda terhadap penurunan berat badan pada penderita obesitas. Dalam jurnal tidak tercantum tempat penelitian dan waktu penelitian. Sebaiknya peneliti mencantumkan tempat dan waktu penelitian untuk melengkapi jurnal ini.

C. Penulis (Peneliti ) dan Alamat

1. Jarrid Agung
        Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha, Bandung
2. Diana K. Jasaputra
        Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha, Bandung
3. Edwin Setiabudi
        Bagian Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha, Bandung
        Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Maranatha
        Jl. Prof. Drg. Suria Sumantri No.65, Bandung

Pada bagian nama penulis telah ditulis tanpa gelar serta asal universitas masing – masing penulis. Namun tidak dicantumkan alamat peneliti serta kontak peneliti baik No. telepon maupun alamat e-mail. Sebaiknya pada bagian nama peneliti dicantumkan No. telepon serta alamat e-mail untuk melengkapi penelitian ini.

D. Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efek pemberian ekstrak daun jati belanda dalam menurunkan berat badan pada penderita obesitas.

 Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan desain pre dan post tes. Pada penelitian ini, subjek penelitian berjumlah 30 orang penderita obesitas yang memperoleh perlakuan pemberian ekstrak daun jati belanda. Data yang diukur adalah berat badan. Analisis data menggunakan uji non parametrik Wilcoxon dengan α= 0,05, kemaknaan berdasarkan p < 0,05 karena distribusi data hasil penelitian yang tidak normal.

Hasil penelitan menunjukkan bahwa adanya penurunan berat badan penderita obesitas sesudah pemberian ekstrak daun jati belanda. Rata-rata sebelum perlakuan berat badan penderita 75,5 kg dan sesudahnya 73,9 kg. Hasil uji non parametrik Wilcoxon terhadap rata-rata berat badan subjek percobaan sebelum dan sesudah pemberian ekstrak daun jati belanda diperoleh nilai p< 0.05, hal ini menunjukkan adanya penurunan berat badan subjek penelitian yang berbeda sangat signifikan sesudah pemberian ekstrak daun jati belanda.

Simpulan yang diperoleh adalah ekstrak daun jati belanda menurunkan berat badan penderita obesitas tetapi tidak terbukti secara statistik.

Jumlah kata dalam abstrak 207 kata, dan jumlah kata kunci 3 yaitu  obesitas, penurunan berat badan, daun jati belanda. Secara keselurahan, abstrak dalam penelitian ini sudah cukup lengkap terdiri atas desain penelitian, sampel penelitian, hasil penelitian, kesimpulan, dan abstrak telah menggambarkan isi dari jurnal penelitian ini. Namun masih ada beberapa poin yang tidak tercantum seperti teknik pengambilan data , tempat penelitian dan waktu penelitian.

Selengkapnya bisa download di bawah ini

Link Download dibawah ini :

PDF
Google DriveGoogle DriveRacaty

DOC
Google Drive Google Drive Racaty




Jika Anda kesulitan dalam mendownload bisa klik di bawah ini :
Cara Download di Dikasih.com 

Posting Komentar

0 Komentar